nyeri haid??


Tiba - tiba pengen nulis artikel tentang nyeri haid, hal ini dikarenakan saya punya pengalaman minggu kemarin merasakan nyeri hebat saat akan haid. Biasanya juga nggak pernah merasakan nyeri sampai separah itu, ditambah lagi emosi tingkat tinggi dan perasaan super sensitif ( susahnya jadi cewek )Bagi sebagian wanita akan merasa sangat tersiksa ketika haid atau datang bulan. gejalanya diantaranya badan terasa pegal - pegal ( kayak abis digebukin), kemudian emosi yang labil atau biasanya akan lebih cepat marah dan perasaan yang super sensitif ( gampang marah, nangis dsb) dan yang paling sering dirasakan adalah nyeri di bagian perut,untuk yang satu ini nggak semuanya merasakan nyeri yang sama, ada yang cuma nyeri ringan, sakit perut berlebihan, bahkan saya pernah menemui seorang teman hingga pingsan ketika haid. Ya memang tiap orang punya gejala yang berbeda.
Seingat saya, dulu waktu SMA guru biologi pernah menerangkan sakit perut saat haid ini dikarenakan peluruhan dinding rahim, jadi kalo diibaratkan seperti kulit luar yang lecet karena ada proses peluruhan dinding rahim. Jadi sakit nggak nya ditentukan oleh banyak tidaknya sel telur yang luruh pada dinding rahim.
Kemudian untuk wanita yang menjadi sangat emosional, mudah marah, menangis, sedih dan sensitif. Hal ini sering dikaitkan dengan perubahan hormon yang melonjak naik - turun, sehingga perasaan jadi labil.
Itu tadi sebagian hal yang harus dihadapi seorang wanita datang bulan, ya memang begitulah repotnya jadi cewek. but I really enjoy being a woman. Salam numpang nampang ^_^

5 komentar:

  1. lha kalo ga' lagi dapet aja udah jutek, apalagi kalo lagi dapet?? haha :D

    BalasHapus
  2. kalo lagi 'dapet' jadinya *sadisss*....
    puasss?? -____-"

    BalasHapus
  3. rasanya gimana sih?
    eh..

    *ngakak baca komentar diatas. permisi.....*

    BalasHapus
  4. @ elafiq : lho...lho...lho...
    kok udah bisa coment?? mbok apake?
    kan kamu sering minum kiran**,, moso ga tau rasanya??

    BalasHapus
  5. caranya? Rahasia.. :P

    aku nanya rasa haid.. bukan rasa anu...
    kalo itu mah sama aja kayak jamu.. eh...

    BalasHapus